rss

Saturday, August 21, 2010

Aneurisma Aorta Torakalis

Aneurisma Aorta Torakalis
adalah penggelembungan pada aorta yang melewati bagian dada. Penyebab penyakit ini belum dapat diketahui secara pasti walaupun banyak di antaranya yang menderita tekanan darah tinggi, dan sekitar 50% di antaranya adalah penderita sindrom marfan.

Gejala khas yang ditimbulkan penyakit ini adalah rasa nyeri pada punggung sebelah atas, batuk, dan mengi. Banyak di antaranya yang batuk sampai mengeluarkan darah sebagai akibat tekanan atau erosi pada pipa udara maupun saluran pernapasan sekitarnya. Penekanan pada kerongkongan membuat kesulitan menelan. Sedangkan bila terjadi pada pita suara bisa menyebabkan serak.
Kalau aneurisma aorta torakalis sampai pecah maka akan timbul rasa nyeri luar biasa pada punggung sebelah atas. Nyeri akan menjalar ke mana-mana termasuk dada dan lengan yang menyerupai serangan jantung (infark miokardial). Dalam keadaan seperti ini besar kemungkinan orang tersebut akan meninggal karena kehilangan banyak darah.
Dengan teknologi MRI, CT Scan, atau USG transesofageal dapat ditentukan ukuran gelembung. Bila ukurannya mencapai 7,5 cm akan dilakukan pembedahan. Namun pada penderita sindrom marfan, aneurisma yang berukuran lebih kecil pun tetap akan diambil dengan pembedahan karena memiliki kecenderungan pecah. Angka kegagalan pembedahan ini adalah 10-15%.

Related Article:

Related Website

0 comments:


Post a Comment

Link Exchange

Mari bertukar link yok


Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali
FarmasiBlog

Blog Archive